Penyebab Stres dan Cara Mengelolanya

 

AkuSehat.WHSCorpora-Penyebab Stres dan Cara Mengelolanya. Stres, dalam istilah sehari-hari, adalah perasaan yang dimiliki orang-orang ketika mereka kelebihan beban dan berjuang untuk mengatasi tuntutan.

Tuntutan ini dapat dikaitkan dengan keuangan, pekerjaan, hubungan, dan situasi lain, tetapi segala sesuatu yang menimbulkan tantangan nyata atau yang dirasakan atau ancaman terhadap kesejahteraan seseorang dapat menyebabkan stres.

Stres bisa menjadi motivator. Ini penting untuk bertahan hidup. Mekanisme “fight-or-flight” dapat memberi tahu kami kapan dan bagaimana merespons bahaya. Namun, jika mekanisme ini dipicu terlalu mudah, atau ketika ada terlalu banyak stres pada satu waktu, itu dapat merusak kesehatan mental dan fisik seseorang dan menjadi berbahaya.

Menurut survei stres tahunan yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), tingkat stres rata-rata di Amerika Serikat (AS) naik dari 4,9 menjadi 5,1 pada skala 1 hingga 10 pada 2015. Alasan utama yang diberikan adalah pekerjaan dan uang.

Penyebab Stres dan Cara Mengelolanya

Fakta tentang stres:

Berikut ini beberapa poin penting tentang stres:

  • Stres membantu tubuh bersiap menghadapi bahaya.
  • Gejala dapat berupa fisik dan psikologis.
  • Stres jangka pendek bisa membantu, tetapi stres jangka panjang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan.

Kita dapat mempersiapkan diri untuk stres dengan mempelajari beberapa tips manajemen diri.

Apa itu Stres?

Setiap orang merespons stres dengan cara yang berbeda, tetapi terlalu banyak stres dapat menyebabkan masalah kesehatan. Setiap orang merespons stres dengan cara yang berbeda, tetapi terlalu banyak stres dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Stres adalah pertahanan alami tubuh terhadap pemangsa dan bahaya. Ini menyiram tubuh dengan hormon untuk mempersiapkan sistem untuk menghindari atau menghadapi bahaya. Ini dikenal sebagai mekanisme “fight-or-flight”.

Ketika kita dihadapkan dengan tantangan, bagian dari respons kita adalah fisik. Tubuh mengaktifkan sumber daya untuk melindungi kita dengan mempersiapkan kita untuk bertahan dan berjuang atau melarikan diri secepat mungkin.

Tubuh memproduksi sejumlah besar bahan kimia kortisol, adrenalin, dan noradrenalin. Ini memicu peningkatan detak jantung, peningkatan kesiapan otot, berkeringat, dan kewaspadaan. Semua faktor ini meningkatkan kemampuan untuk merespons situasi yang berbahaya atau menantang.

Faktor-faktor lingkungan yang memicu reaksi ini disebut stressor. Contohnya termasuk suara bising, perilaku agresif, mobil yang melaju kencang, momen menakutkan dalam film, atau bahkan pacaran di kencan pertama. Semakin banyak stres yang kita alami, semakin stres yang kita rasakan.

Perubahan pada tubuh

Stres memperlambat fungsi tubuh normal, seperti sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Semua sumber daya kemudian dapat dikonsentrasikan pada pernapasan cepat, aliran darah, kewaspadaan, dan penggunaan otot.

Tubuh berubah dengan cara-cara berikut selama stres:

  • Tekanan darah dan denyut nadi meningkat
  • Bernafas lebih cepat
  • Sistem pencernaan melambat
  • Aktivitas kekebalan menurun
  • Otot-otot menjadi tegang
  • Keadaan kewaspadaan yang tinggi menjelang tidur

Penyebab Stres dan Cara Mengelolanya

Bagaimana kita bereaksi terhadap situasi yang sulit akan mempengaruhi bagaimana stres memengaruhi kita dan kesehatan kita. Seseorang yang merasa tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengatasinya akan cenderung memiliki reaksi yang lebih kuat, dan yang dapat memicu masalah kesehatan. Stres memengaruhi individu dengan berbagai cara.

Beberapa pengalaman yang umumnya dianggap positif dapat menyebabkan stres, seperti memiliki bayi, melakukan perjalanan dan pindah ke rumah dan sebagainya. Ini karena mereka sering melibatkan perubahan besar, upaya ekstra, tanggung jawab baru, dan kebutuhan akan adaptasi. Mereka juga langkah ke yang tidak diketahui. Orang itu bertanya-tanya apakah mereka akan mengatasinya.

Respons negatif yang terus-menerus terhadap tantangan dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kebahagiaan. Namun, menyadari bagaimana Anda bereaksi terhadap stres dapat membantu mengurangi perasaan negatif dan efek stres, dan mengelolanya dengan lebih efektif.

Anda tahu bahwa tidur itu penting untuk kesehatan Anda, tetapi apakah Anda tahu bahwa tidur juga penting bagi mata Anda? Melewatkan istirahat malam (biasanya untuk begadang) dapat merusak penampilan Anda, dan yang lebih penting lagi dapat mengganggu kesehatan dan merusak mata Anda. Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara tidur dan penglihatan Anda.

Kurang tidur dapat membawa Anda banyak masalah pada kesehatan mata Anda. Beberapa efek samping bisa saja ringan, sementara yang lain bisa menjadi sangat serius. Salah satu efek samping kurang berbahaya dari kurang tidur adalah memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang Anda butuhkan, Anda mungkin memperhatikan bahwa mata Anda terlihat bengkak atau bahkan Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda. Ini membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua. Beberapa efek samping lain adalah mata merah, mata sakit saat berkedip, nyeri, dan terasa panas terbakar.

Bagaimana stres mempengaruhi diabetes dan gula darah?
Penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 jika mengalami depresi atau kecemasan.
Para peneliti telah mendiskusikan hubungan potensial antara diabetes dan stres sejak abad ke-17.

Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa orang dengan depresi dan kecemasan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Sebuah artikel ulasan dari tahun 2010 melaporkan bahwa orang yang mengalami depresi, kecemasan, stres, atau kombinasi dari kondisi ini berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

Para ilmuwan menemukan bahwa berbagai pemicu stres dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, di antaranya:

peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau pengalaman traumatis
stres emosional umum
kemarahan dan permusuhan
stres kerja
susah tidur
Para peneliti dari Universitas Amsterdam di Belanda telah menyarankan kemungkinan penjelasan tentang bagaimana berbagai jenis stres dapat menyebabkan diabetes. Ini termasuk faktor gaya hidup, efek pada kadar hormon, dan efek pada sistem kekebalan tubuh.

Penjelasan tentang bagaimana stres mempengaruhi diabetes hanyalah teori. Beberapa peneliti bahkan menemukan bukti yang bertentangan bahwa diabetes dan stres saling berhubungan. Untuk alasan ini, peneliti harus terus mempelajari kedua kondisi ini untuk menentukan apakah dan bagaimana keduanya terkait.

Kami memberikan rincian lebih lanjut dari ketiga faktor ini di bagian di bawah ini:

Stres mempengaruhi faktor gaya hidup
Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan seseorang melakukan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan gaya hidup ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Mereka termasuk:

makan makanan berkualitas buruk
tingkat latihan rendah
merokok
konsumsi alkohol berlebihan
Stres mempengaruhi hormon
Penjelasan lain adalah bahwa stres emosional dapat mempengaruhi kadar hormon seseorang, berpotensi mengganggu seberapa baik insulin bekerja.

Stres dapat mengaktifkan aksis adrenal hipofisis hipotalamus dan sistem saraf simpatik. Hal ini dapat menyebabkan perubahan hormonal, seperti kadar kortisol yang lebih tinggi dan kadar hormon seks yang lebih rendah. Tingkat hormon ini mempengaruhi tingkat insulin.

Kortisol umumnya dikenal sebagai hormon stres. Itu juga dapat merangsang produksi glukosa dalam tubuh dan meningkatkan gula darah seseorang.

Orang dengan kadar hormon abnormal mungkin melihat rasio pinggang-pinggul mereka meningkat. Peningkatan rasio pinggang-pinggul berarti ukuran pinggang menjadi lebih besar daripada pinggul. Ini merupakan faktor risiko penting untuk diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
Stres kronis juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Dalam satu penelitian, para peneliti memperhatikan bahwa respons sistem kekebalan tertentu terhadap stres kronis adalah respons yang serupa dengan respons yang terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Mengapa stres terjadi dan bagaimana mengelolanya

Stres adalah perasaan alami karena tidak mampu mengatasi tuntutan dan peristiwa tertentu. Namun, stres bisa menjadi kondisi kronis jika seseorang tidak mengambil langkah untuk mengelolanya.

Tuntutan ini dapat berasal dari pekerjaan, hubungan, tekanan keuangan, dan situasi lain, tetapi apa pun yang menimbulkan tantangan atau ancaman nyata atau yang dirasakan terhadap kesejahteraan seseorang dapat menyebabkan stres.

Stres bisa menjadi motivator, dan bahkan bisa sangat penting untuk kelangsungan hidup. Mekanisme fight-or-flight tubuh memberi tahu seseorang kapan dan bagaimana merespons bahaya. Namun, ketika tubuh menjadi terlalu mudah dipicu, atau ada terlalu banyak stres pada satu waktu, itu dapat merusak kesehatan mental dan fisik seseorang dan menjadi berbahaya.

Apa itu Stres?
Seseorang dengan stres mungkin mengalami peningkatan tekanan darah.
Stres adalah pertahanan alami tubuh terhadap predator dan bahaya. Ini menyebabkan tubuh dibanjiri hormon yang mempersiapkan sistemnya untuk menghindari atau menghadapi bahaya. Orang biasanya menyebut ini sebagai mekanisme fight-or-flight.

Ketika manusia menghadapi tantangan atau ancaman, mereka memiliki sebagian respon fisik. Tubuh mengaktifkan sumber daya yang membantu orang bertahan dan menghadapi tantangan atau mendapatkan keselamatan secepat mungkin.

Tubuh memproduksi jumlah yang lebih besar dari bahan kimia kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Ini memicu reaksi fisik berikut:

peningkatan tekanan darah
peningkatan kesiapan otot
berkeringat
kewaspadaan
Semua faktor ini meningkatkan kemampuan seseorang untuk merespons situasi yang berpotensi berbahaya atau menantang. Norepinefrin dan epinefrin juga menyebabkan detak jantung lebih cepat.

Faktor lingkungan yang memicu reaksi ini disebut stresor. Contohnya termasuk kebisingan, perilaku agresif, mobil yang melaju kencang, momen menakutkan di film, atau bahkan kencan pertama. Perasaan stres cenderung meningkat seiring dengan jumlah stresor.

Menurut survei stres tahunan American Psychological Association (APA) pada tahun 2018, tingkat stres rata-rata di Amerika Serikat adalah 4,9 dalam skala dari 1 hingga 10. Survei tersebut menemukan bahwa penyebab stres yang paling umum adalah pekerjaan dan uang.

Efek fisik
Stres memperlambat beberapa fungsi tubuh normal, seperti yang dilakukan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Tubuh kemudian dapat memusatkan sumber dayanya pada pernapasan, aliran darah, kewaspadaan, dan persiapan otot untuk penggunaan mendadak.

Tubuh berubah dengan cara berikut selama reaksi stres:

tekanan darah dan nadi meningkat
pernapasan mempercepat
sistem pencernaan melambat
aktivitas imun menurun
otot menjadi lebih tegang
kantuk berkurang karena tingkat kewaspadaan yang tinggi
Bagaimana seseorang bereaksi terhadap situasi yang sulit akan menentukan efek stres pada kesehatan secara keseluruhan. Beberapa orang dapat mengalami beberapa stresor berturut-turut atau sekaligus tanpa ini menyebabkan reaksi stres yang parah. Orang lain mungkin memiliki respons yang lebih kuat terhadap satu stresor.

Seseorang yang merasa seolah-olah tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengatasinya mungkin akan memiliki reaksi yang lebih kuat yang dapat memicu masalah kesehatan. Stresor mempengaruhi individu dengan cara yang berbeda.

Beberapa pengalaman yang umumnya orang anggap positif dapat menimbulkan stres, seperti memiliki bayi, pergi berlibur, pindah ke rumah yang lebih baik, dan mendapatkan promosi di tempat kerja.

Alasan untuk ini adalah bahwa mereka biasanya melibatkan perubahan yang signifikan, usaha ekstra, tanggung jawab baru, dan kebutuhan untuk adaptasi. Mereka juga sering meminta seseorang untuk mengambil langkah ke hal yang tidak diketahui.

Seseorang mungkin mengharapkan kenaikan gaji setelah promosi, misalnya, tetapi bertanya-tanya apakah mereka dapat menangani tanggung jawab ekstra.

Respons negatif yang terus-menerus terhadap tantangan dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kebahagiaan.

Misalnya, tinjauan studi tahun 2018 menemukan hubungan antara stres terkait pekerjaan dan penyakit jantung koroner. Meskipun demikian, penulis tidak dapat memastikan mekanisme yang tepat melalui stres yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

Literatur lain telah menunjukkan bahwa orang yang menganggap stres sebagai efek negatif pada kesehatan mereka mungkin berisiko lebih tinggi untuk penyakit jantung koroner daripada mereka yang tidak.

Namun, menjadi lebih waspada terhadap efek stres dapat membantu seseorang mengelolanya dengan lebih efektif dan mengatasi dengan lebih baik.

Jenis
Institut Kesehatan Mental Nasional (NIMH) mengenali dua jenis stres: akut dan kronis. Ini membutuhkan tingkat manajemen yang berbeda.

NIMH juga mengidentifikasi tiga contoh jenis stresor:

stres rutin, seperti pengasuhan anak, pekerjaan rumah, atau tanggung jawab keuangan
perubahan yang tiba-tiba dan mengganggu, seperti kehilangan keluarga atau mengetahui tentang kehilangan pekerjaan
stres traumatis, yang dapat terjadi karena trauma ekstrem akibat kecelakaan parah, penyerangan, bencana lingkungan, atau perang
Stres akut
Jenis stres ini bersifat jangka pendek dan biasanya merupakan bentuk stres yang lebih umum. Stres akut sering berkembang ketika orang mempertimbangkan tekanan dari peristiwa yang baru saja terjadi atau menghadapi tantangan yang akan datang dalam waktu dekat.

Misalnya, seseorang mungkin merasa stres tentang pertengkaran baru-baru ini atau tenggat waktu yang akan datang. Namun, stres akan berkurang atau hilang begitu seseorang menyelesaikan argumen atau memenuhi tenggat waktu.

Stresor akut seringkali baru dan cenderung memiliki solusi yang jelas dan segera. Bahkan dengan tantangan yang lebih sulit yang dihadapi orang, ada kemungkinan cara untuk keluar dari situasi tersebut.

Stres akut tidak menyebabkan jumlah kerusakan yang sama seperti stres kronis jangka panjang. Efek jangka pendek termasuk sakit kepala tegang dan sakit perut, serta sedikit kesusahan.

Namun, kejadian stres akut yang berulang dalam waktu yang lama dapat menjadi kronis dan berbahaya.

Stres kronis
Jenis stres ini berkembang dalam jangka panjang dan lebih berbahaya.

Kemiskinan yang berkelanjutan, keluarga yang disfungsional, atau pernikahan yang tidak bahagia adalah contoh situasi yang dapat menyebabkan stres kronis. Itu terjadi ketika seseorang tidak dapat melihat cara untuk menghindari stresor mereka dan berhenti mencari solusi. Pengalaman traumatis di awal kehidupan juga dapat menyebabkan stres kronis.

Stres kronis mempersulit tubuh untuk kembali ke tingkat normal aktivitas hormon stres, yang dapat menyebabkan masalah pada sistem berikut:

kardiovaskular
pernafasan
tidur
imun
reproduksi
Keadaan stres yang konstan juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya, seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD), dapat berkembang ketika stres menjadi kronis.

Stres kronis dapat berlanjut tanpa disadari, karena orang dapat terbiasa dengan perasaan gelisah dan putus asa. Itu bisa menjadi bagian dari kepribadian seseorang, membuat mereka terus-menerus rentan terhadap efek stres terlepas dari skenario yang mereka hadapi.

Orang dengan stres kronis berisiko mengalami gangguan terakhir yang dapat menyebabkan bunuh diri, tindakan kekerasan, serangan jantung, atau stroke.

Penyebab
Orang bereaksi berbeda terhadap situasi stres. Apa yang membuat stres bagi satu orang mungkin tidak membuat stres bagi orang lain, dan hampir semua peristiwa berpotensi menyebabkan stres. Bagi sebagian orang, hanya memikirkan pemicu atau beberapa pemicu yang lebih kecil dapat menyebabkan stres.

Tidak ada alasan yang dapat diidentifikasi mengapa satu orang mungkin merasa kurang stres daripada yang lain ketika menghadapi stresor yang sama. Kondisi kesehatan mental, seperti depresi, atau rasa frustrasi, ketidakadilan, dan kecemasan yang meningkat dapat membuat beberapa orang merasa lebih mudah stres daripada yang lain.

Pengalaman sebelumnya dapat mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi terhadap stresor.

Peristiwa kehidupan besar yang umum yang dapat memicu stres meliputi:

masalah pekerjaan atau pensiun
kekurangan waktu atau uang
kehilangan
masalah keluarga
penyakit
pindah rumah
hubungan, pernikahan, dan perceraian
Penyebab stres lainnya yang sering dilaporkan adalah:

aborsi atau keguguran
mengemudi di lalu lintas padat atau takut akan kecelakaan
takut akan kejahatan atau masalah dengan tetangga
kehamilan dan menjadi orang tua
kebisingan yang berlebihan, kepadatan penduduk, dan polusi
ketidakpastian atau menunggu hasil penting
Beberapa orang mengalami stres berkelanjutan setelah peristiwa traumatis, seperti kecelakaan atau semacam pelecehan. Dokter akan mendiagnosis ini sebagai PTSD.

Mereka yang bekerja dalam pekerjaan yang penuh tekanan, seperti militer atau layanan darurat, akan menjalani sesi tanya jawab setelah insiden besar, dan layanan kesehatan kerja akan memantau mereka untuk PTSD.

Gejala dan komplikasi
Efek fisik dari stres dapat meliputi:

berkeringat
nyeri di punggung atau dada
kram atau kejang otot
pingsan
sakit kepala
kedutan saraf
sensasi kesemutan
Sebuah studi 2012 menemukan bahwa stres yang dialami orang tua, seperti masalah keuangan atau mengelola rumah tangga dengan orang tua tunggal, juga dapat menyebabkan obesitas pada anak-anak mereka.

Reaksi emosional dapat mencakup:

amarah
terbakar habis
masalah konsentrasi
kelelahan
perasaan tidak aman
kelupaan
sifat lekas marah
menggigit kuku
kegelisahan
kesedihan
Perilaku yang berhubungan dengan stres meliputi:

mengidam makanan dan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit
ledakan kemarahan yang tiba-tiba
penyalahgunaan narkoba dan alkohol
konsumsi tembakau yang lebih tinggi
penarikan sosial
sering menangis
masalah hubungan

Gejala dan komplikasi
Efek fisik dari stres dapat meliputi:

berkeringat
nyeri di punggung atau dada
kram atau kejang otot
pingsan
sakit kepala
kedutan saraf
sensasi kesemutan
Sebuah studi 2012 menemukan bahwa stres yang dialami orang tua, seperti masalah keuangan atau mengelola rumah tangga dengan orang tua tunggal, juga dapat menyebabkan obesitas pada anak-anak mereka.

Reaksi emosional dapat mencakup:

amarah
terbakar habis
masalah konsentrasi
kelelahan
perasaan tidak aman
kelupaan
sifat lekas marah
menggigit kuku
kegelisahan
kesedihan
Perilaku yang berhubungan dengan stres meliputi:

mengidam makanan dan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit
ledakan kemarahan yang tiba-tiba
penyalahgunaan narkoba dan alkohol
konsumsi tembakau yang lebih tinggi
penarikan sosial
sering menangis
masalah hubungan
Jika stres menjadi kronis, dapat menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk:

kecemasan
depresi
penyakit jantung
tekanan darah tinggi
kekebalan yang lebih rendah terhadap penyakit
sakit otot
PTSD
kesulitan tidur
sakit perut
disfungsi ereksi (impotensi) dan hilangnya libido


Diagnosa
Seorang dokter biasanya akan mendiagnosis stres dengan bertanya kepada seseorang tentang gejala dan peristiwa kehidupan mereka.

Mendiagnosis stres dapat menjadi tantangan karena tergantung pada banyak faktor. Dokter telah menggunakan kuesioner, tindakan biokimia, dan teknik fisiologis untuk mengidentifikasi stres. Namun, ini mungkin tidak objektif atau efektif.

Cara paling langsung untuk mendiagnosis stres dan pengaruhnya pada seseorang adalah melalui wawancara tatap muka yang komprehensif, berorientasi pada stres.

 

Perawatan
Perawatan termasuk swadaya dan, ketika kondisi yang mendasari menyebabkan stres, obat-obatan tertentu.

Terapi yang dapat membantu seseorang rileks termasuk aromaterapi dan refleksiologi.

Beberapa penyedia asuransi menanggung jenis perawatan ini. Namun, penting bagi orang untuk memeriksa cakupan dengan penyedia mereka sebelum melakukan perawatan ini. Mengetahui detail tentang perawatan potensial dapat membantu mencegahnya menambah stres yang sedang berlangsung.