Mengenal Jenis Stres, Gejala dan Cara Mengatasinya

 

AkuSehat.WHSCorpora-Jenis Stres, Gejala dan Cara Mengatasinya perlu dipahami dengan baik. Stres, dalam istilah sehari-hari, adalah perasaan yang dimiliki orang-orang ketika mereka kelebihan beban dan berjuang untuk mengatasi tuntutan.

Tuntutan ini dapat dikaitkan dengan keuangan, pekerjaan, hubungan, dan situasi lain, tetapi segala sesuatu yang menimbulkan tantangan nyata atau yang dirasakan atau ancaman terhadap kesejahteraan seseorang dapat menyebabkan stres.

Menurut survei stres tahunan yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), tingkat stres rata-rata di Amerika Serikat (AS) naik dari 4,9 menjadi 5,1 pada skala 1 hingga 10 pada 2015. Alasan utama yang diberikan adalah pekerjaan dan uang. APA mengakui tiga jenis stres yang berbeda yang memerlukan tingkat manajemen yang berbeda.

Jenis Stres, Gejala dan Cara Mengatasinya

Stres akut

Jenis stres ini bersifat jangka pendek dan merupakan cara paling umum terjadinya stres. Stres akut sering disebabkan oleh memikirkan tekanan dari peristiwa yang baru-baru ini terjadi, atau tuntutan yang akan datang dalam waktu dekat.

Misalnya, jika Anda baru-baru ini terlibat dalam argumen yang menyebabkan kekecewaan atau tenggat waktu yang akan datang, Anda mungkin merasa stres tentang pemicu ini.

Namun, stres akan berkurang atau dihilangkan begitu ini diselesaikan. Itu tidak menyebabkan jumlah kerusakan yang sama seperti stres kronis jangka panjang. Efek jangka pendek termasuk sakit kepala tegang dan sakit perut, serta tekanan sedang. Namun, kejadian berulang dari stres akut dalam waktu lama dapat menjadi kronis dan berbahaya.

Stres akut episodik

Orang yang sering mengalami stres akut, atau yang hidupnya sering memicu stres, mengalami stres akut episodik. Seseorang dengan terlalu banyak komitmen dan organisasi yang buruk dapat menemukan diri mereka menunjukkan gejala stres episodik.

Ini termasuk kecenderungan untuk mudah marah dan tegang, dan sifat mudah marah ini dapat memengaruhi hubungan. Individu yang terlalu khawatir secara konstan juga dapat menemukan diri mereka menghadapi jenis stres ini. Jenis stres ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Stres kronis

Ini adalah jenis stres yang paling berbahaya dan hilang dalam waktu lama. Kemiskinan yang sedang berlangsung, keluarga yang tidak berfungsi, atau pernikahan yang tidak bahagia dapat menyebabkan stres kronis. Itu terjadi ketika seseorang tidak pernah melihat jalan keluar dari penyebab stres dan berhenti mencari solusi. Terkadang, itu bisa disebabkan oleh pengalaman traumatis di awal kehidupan.

Stres kronis dapat berlanjut tanpa disadari, karena orang dapat terbiasa dengannya, tidak seperti stres akut yang baru dan seringkali memiliki solusi segera. Ini dapat menjadi bagian dari kepribadian seseorang, membuat mereka terus-menerus rentan terhadap efek stres terlepas dari skenario yang mereka hadapi.

Orang dengan stres kronis cenderung mengalami gangguan akhir yang dapat menyebabkan bunuh diri, tindakan kekerasan, serangan jantung, dan stroke.

Penyebab, Jenis Stres, Gejala dan Cara Mengatasinya

Kita semua bereaksi secara berbeda terhadap situasi yang membuat stres. Apa yang membuat orang stres mungkin tidak membuat orang lain stres. Hampir semua hal dapat menyebabkan stres. Bagi sebagian orang, hanya memikirkan sesuatu atau beberapa hal kecil dapat menyebabkan stres. Peristiwa besar kehidupan umum yang dapat memicu stres meliputi:

  • masalah pekerjaan atau pensiun
  • kurangnya waktu atau uang
  • kehilangan
  • masalah keluarga
  • penyakit
  • pindah rumah
  • hubungan, perkawinan, dan perceraian

Penyebab stres lain yang sering dilaporkan adalah:

  • Situasi yang berbeda dapat memicu stres bagi orang yang berbeda.
  • aborsi atau keguguran
  • mengemudi di lalu lintas yang padat atau takut akan kecelakaan
  • takut akan kejahatan atau masalah dengan tetangga
  • kehamilan dan menjadi orang tua
  • kebisingan yang berlebihan, kepadatan penduduk, dan polusi
  • ketidakpastian atau menunggu hasil penting

Beberapa situasi akan memengaruhi beberapa orang dan bukan yang lain. Pengalaman masa lalu dapat memengaruhi reaksi seseorang. Terkadang, tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Masalah kesehatan mental, seperti depresi, atau akumulasi rasa frustrasi dan kecemasan, dapat membuat beberapa orang merasa lebih mudah tertekan daripada yang lain.

Beberapa orang mengalami stres yang berkelanjutan setelah peristiwa traumatis, seperti kecelakaan atau semacam pelecehan. Ini dikenal sebagai gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Mereka yang bekerja di pekerjaan yang penuh tekanan, seperti militer atau layanan darurat, akan memiliki sesi tanya jawab setelah insiden besar, dan mereka akan dipantau untuk PTSD.

Apa itu stres kronis dan apa dampak kesehatannya yang umum?

Perasaan stres yang berumur pendek adalah bagian rutin dari kehidupan sehari-hari. Ketika perasaan ini menjadi kronis, atau bertahan lama, mereka dapat sangat mempengaruhi kesehatan seseorang.

Dalam artikel ini, kita melihat apa itu stres kronis, bagaimana mengidentifikasinya, dan konsekuensi medis yang dapat ditimbulkannya. Kami juga menjelaskan cara mengelola stres, termasuk perawatan medis dan kapan harus ke dokter.

Apa itu stres kronis?
Stres adalah respons biologis terhadap situasi yang menuntut. Itu menyebabkan tubuh melepaskan hormon, seperti kortisol dan adrenalin.

Hormon-hormon ini membantu mempersiapkan tubuh untuk mengambil tindakan, misalnya dengan meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Ketika ini terjadi, dokter mungkin menggambarkan seseorang dalam keadaan kewaspadaan atau gairah yang tinggi.

Banyak faktor yang dapat memicu respons stres, termasuk situasi berbahaya dan tekanan psikologis, seperti tenggat waktu kerja, ujian, dan acara olahraga.

Efek fisik dari stres biasanya tidak berlangsung lama. Namun, beberapa orang menemukan diri mereka dalam keadaan kewaspadaan tinggi yang hampir konstan. Ini adalah stres kronis.

Beberapa penyebab potensial dari stres kronis meliputi:

pekerjaan bertekanan tinggi
kesulitan finansial
hubungan yang menantang
Stres kronis memberi tekanan pada tubuh untuk waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala dan meningkatkan risiko mengembangkan penyakit tertentu.


Tanda dan gejala
Stres kronis mempengaruhi seluruh tubuh. Ini dapat memiliki beberapa gejala fisik atau psikologis, yang dapat membuat fungsi sehari-hari lebih menantang.

Jenis dan tingkat keparahan gejala sangat bervariasi dari orang ke orang.

Tanda dan gejala stres kronis dapat meliputi:

lekas marah, yang bisa menjadi ekstrim
kelelahan
sakit kepala
kesulitan berkonsentrasi, atau ketidakmampuan untuk melakukannya
pikiran yang cepat dan tidak teratur
sulit tidur
masalah pencernaan
perubahan nafsu makan
merasa tidak berdaya
kehilangan kendali yang dirasakan
rendah diri
hilangnya hasrat seksual
kegugupan
infeksi atau penyakit yang sering
IKLAN
Jelajahi latihan baru yang menenangkan dengan Calm
Kelola kecemasan Anda dengan aplikasi Calm pemenang penghargaan. Cobalah meditasi terpandu, cerita tidur, atau peregangan yang dirancang oleh para ahli untuk membantu Anda fokus dan rileks. Mulai uji coba gratis Anda hari ini.

Contoh stres
Berbagai pengalaman hidup dapat menyebabkan stres, dan ini mungkin dimulai pada masa kanak-kanak. Ketika anak-anak mengalami peristiwa traumatis, itu dapat mengarah pada perkembangan stres kronis yang dapat berlangsung hingga dewasa.

Jenis peristiwa ini dikenal sebagai pengalaman masa kanak-kanak yang merugikan (ACEs). Dalam penelitian oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 61% orang dewasa yang disurvei di 25 negara bagian mengatakan mereka pernah mengalami setidaknya satu jenis ACE, dan hampir 1 dari 6 pernah mengalami empat jenis atau lebih.

Contoh ACE meliputi:

penyakit mental pada satu atau lebih orang tua
pelecehan emosional, fisik, atau seksual
penyalahgunaan zat dalam keluarga
perceraian orang tua
tunawisma
penahanan orang tua atau anggota keluarga dekat
Di masa dewasa, stres kronis dapat terjadi sebagai akibat dari penyebab yang sangat mirip, serta:

masalah di tempat kerja
pengangguran atau masalah keuangan
cedera yang memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang
kekhawatiran tentang masalah di negara atau dunia
Menurut survei Stress in America 2020 oleh American Psychological Association (APA), 65% orang yang disurvei mengatakan ketidakpastian saat ini di negara ini membuat stres, dan 60% kewalahan oleh masalah yang dihadapi negara tersebut.

Selain itu, 70% orang tua melaporkan tanggung jawab keluarga sebagai sumber stres, dan 63% stres akibat dampak COVID-19 pada tahun ajaran 2019-20.

Stres kronis juga dapat mempengaruhi kelompok yang terpinggirkan secara historis secara berbeda dari yang lain. Pada tahun 2019, survei menunjukkan bahwa orang kulit hitam dan Hispanik tiga kali lebih mungkin mengalami stres karena kurangnya makanan dan perumahan yang aman, diskriminasi, dan ketidakadilan kesehatan.

Baru-baru ini, APA juga melaporkan bahwa hampir tiga perempat orang dewasa kulit hitam (74%), 60% orang dewasa Hispanik, dan 65% orang dewasa kulit putih mengatakan pelanggaran Capitol pada tahun 2020 menyebabkan mereka banyak stres.

Perlakuan
Jika strategi seperti yang tercantum di atas tidak membantu, penting untuk menemui profesional kesehatan untuk mendapatkan saran dan dukungan. Seorang dokter dapat merekomendasikan terapi psikologis, seperti terapi perilaku kognitif (CBT).

Salah satu tujuan CBT yang mapan adalah untuk membantu orang mengatasi stres kronis. Dalam sesi terstruktur, terapis bekerja untuk memungkinkan seseorang untuk mengubah perilaku, pikiran, dan perasaan mereka tentang stres.

CBT juga dapat membantu seseorang mengembangkan alat dan mekanisme koping untuk mengelola respons stres.

Terkadang, dokter merekomendasikan obat untuk membantu mengobati beberapa gejala stres kronis. Misalnya, mereka mungkin meresepkan antidepresan untuk mengobati kecemasan atau depresi. Untuk orang yang sulit tidur, dokter mungkin akan meresepkan obat penenang.

Efek kesehatan
Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis dapat berdampak pada otak dan sistem kekebalan tubuh. Jaringan saraf otak, terutama di korteks prefrontal (PFC), sebenarnya bisa mengecil. Dokter telah melihat ini dalam pencitraan otak orang. Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan disfungsi kognitif, emosional, dan perilaku.

Ketika seseorang mengalami stres, ini merangsang sistem kekebalannya untuk bereaksi. Seiring waktu, ketika stres kronis, sistem kekebalan tubuh bisa menjadi terlalu terstimulasi. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan penyakit dan masalah kesehatan.

Selama periode yang lama, stres kronis dapat berkontribusi pada perkembangan berbagai gangguan fisik dan mental, termasuk:

penyakit jantung
tekanan darah tinggi
diabetes
kegemukan
sistem kekebalan yang melemah
disfungsi seksual
gangguan pencernaan
iritasi kulit
infeksi pernafasan
penyakit autoimun
insomnia
terbakar habis
depresi
gangguan kecemasan
gangguan stres pascatrauma (PTSD)
skizofrenia

Stres kronis vs. stres akut
Umumnya stres akut adalah stres yang dialami seseorang dalam jangka pendek. Stres akut biasanya bermanifestasi segera setelah seseorang mengalami stresor sebagai reaksi fight-or-flight.

Gangguan stres akut lebih serius dan biasanya terjadi pada bulan pertama setelah seseorang mengalami trauma. Ini mirip dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD), tetapi seseorang tidak dapat memiliki diagnosis PTSD sampai mereka mengalami gejala selama lebih dari sebulan.

Stres juga bisa bersifat episodik, artinya seseorang mengalaminya dalam waktu yang lama tetapi tidak konsisten. Mereka mengalami periode stres dan periode dengan sedikit atau tanpa stres. Sebagai perbandingan, stres kronis adalah stres yang dialami seseorang secara terus menerus sepanjang hidupnya sampai pada titik di mana perasaan stres menjadi keadaan yang normal.

Bagaimana diabetes dan stres terkait?
Diabetes dan stres tampaknya terkait dalam beberapa cara penting. Yaitu, stres dapat berkontribusi dan menjadi konsekuensi diabetes.

Misalnya, seseorang mungkin merasa bahwa tingkat stresnya meningkat ketika harus merencanakan makan dan mengukur gula darahnya, terutama pada tahap awal diagnosis diabetes. Namun, stres juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan hemoglobin terglikasi seseorang.

Penelitian juga mengaitkan tingkat stres seumur hidup yang tinggi dengan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2.

Pada artikel ini, kita membahas bagaimana stres mempengaruhi gula darah. Kami juga melihat apa yang dikatakan penelitian tentang cara terbaik penderita diabetes dapat mengurangi stres.

Bagaimana stres mempengaruhi diabetes dan gula darah?
Penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 jika mengalami depresi atau kecemasan.
Para peneliti telah mendiskusikan hubungan potensial antara diabetes dan stres sejak abad ke-17.

Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa orang dengan depresi dan kecemasan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Sebuah artikel ulasan dari tahun 2010 melaporkan bahwa orang yang mengalami depresi, kecemasan, stres, atau kombinasi dari kondisi ini berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

Para ilmuwan menemukan bahwa berbagai pemicu stres dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, di antaranya:

peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau pengalaman traumatis
stres emosional umum
kemarahan dan permusuhan
stres kerja
susah tidur
Para peneliti dari Universitas Amsterdam di Belanda telah menyarankan kemungkinan penjelasan tentang bagaimana berbagai jenis stres dapat menyebabkan diabetes. Ini termasuk faktor gaya hidup, efek pada kadar hormon, dan efek pada sistem kekebalan tubuh.

Penjelasan tentang bagaimana stres mempengaruhi diabetes hanyalah teori. Beberapa peneliti bahkan menemukan bukti yang bertentangan bahwa diabetes dan stres saling berhubungan. Untuk alasan ini, peneliti harus terus mempelajari kedua kondisi ini untuk menentukan apakah dan bagaimana keduanya terkait.

Kami memberikan rincian lebih lanjut dari ketiga faktor ini di bagian di bawah ini:

Stres mempengaruhi faktor gaya hidup
Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan seseorang melakukan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan gaya hidup ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Mereka termasuk:

makan makanan berkualitas buruk
tingkat latihan rendah
merokok
konsumsi alkohol berlebihan
Stres mempengaruhi hormon
Penjelasan lain adalah bahwa stres emosional dapat mempengaruhi kadar hormon seseorang, berpotensi mengganggu seberapa baik insulin bekerja.

Stres dapat mengaktifkan aksis adrenal hipofisis hipotalamus dan sistem saraf simpatik. Hal ini dapat menyebabkan perubahan hormonal, seperti kadar kortisol yang lebih tinggi dan kadar hormon seks yang lebih rendah. Tingkat hormon ini mempengaruhi tingkat insulin.

Kortisol umumnya dikenal sebagai hormon stres. Itu juga dapat merangsang produksi glukosa dalam tubuh dan meningkatkan gula darah seseorang.

Orang dengan kadar hormon abnormal mungkin melihat rasio pinggang-pinggul mereka meningkat. Peningkatan rasio pinggang-pinggul berarti ukuran pinggang menjadi lebih besar daripada pinggul. Ini merupakan faktor risiko penting untuk diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
Stres kronis juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Dalam satu penelitian, para peneliti memperhatikan bahwa respons sistem kekebalan tertentu terhadap stres kronis adalah respons yang serupa dengan respons yang terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2.